Gresik Satu
Banner

Pasien Covid-19 Bertambah, Operasi Prokes Digencarkan

GRES1.IDGRES1.ID - Angka pasien positif terpapar Covid-19 di Kabupaten Gresik belum juga menunjukkan titik henti, kendati tren sudah mulai terlihat melandai. Bahkan pada Sabtu (21/11) kemarin, masih terdapat 7 orang pasien baru yang dikonfirmasi positif Covid-19.

Untuk itu, aparat penegak hukum setempat terus menggelar operasi yustisi dalam rangka penegakan protokol kesehatan (prokes). Sasaran utama tetap, mengimbau dan memberikan teguran kepada warga yang belum sadar mengenakan masker ketika berada di luar rumah.

Seperti agenda yang dilaksanakan oleh jajaran kepolisian, anggota TNI dan Satpol PP di Bundaran GKB, Desa Randuagung, Kecamatan Kebomas, Minggu (22/11) pagi. Aparat gabungan masih saja menemukan warga maupun pengendara motor yang melintas tanpa mengenakan masker.

"Ini sudah sesuai dengan Inpres nomor 6 tahun 2020, Perda Provinsi Jawa Timur nomor 2 tahun 2020, serta Perbup nomor 22 tahun 2020, tentang penegakan protokol kesehatan," kata Iptu Bakri Paur Binops Bagian Operasi Polres Gresik selaku pimpinan operasi, Minggu.

Dalam agenda ini, Polres Gresik melibatkan 6 personel, TNI 3 personel, dan Satpol PP 14 personel. Mereka bahu-membahu memberikan imbauan kepada masyarakat dan pengendara yang melintas, yang kebanyakan memang sudah paham akan penerapan Prokes selama pandemi Covid-19.

Kendati demikian, masih saja ada warga yang abai dalam menggunakan masker saat berada di luar rumah. Akibatnya, mereka pun mendapat tindakan dari aparat gabungan yang sedang menggelar razia, meski tindakan yang dilakukan masih mengedepankan unsur humanis.

"Dilaksanakan secara humanis dengan mengedepankan Satpol PP untuk melakukan penindakan. Ada 6 orang pelanggar protokol kesehatan, dengan dikenakan sanksi teguran lisan," terangnya.

Dari data yang dirilis oleh Satgas penanganan Covid-19 Gresik hingga Sabtu kemarin. Ada tambahan pasien positif baru 7 orang.

Tujuh pasien baru itu:

3 orang dari Kecamatan Kebomas. 

1 Kecamatan Cerme 

1 Duduksampeyan 

1 Gresik kota

1 Wringinanom.

Di hari yang sama, Satgas penanganan Covid-19 juga mengonfirmasi ada tambahan sebanyak 8 orang/pasien yang dinyatakan sembuh atau selesai menjalani masa isolasi. (M7)

Apa Reaksi Anda?